Kementerian PAN-RB Pastikan Pendaftaran CASN Dibuka Tahun Ini



Jakarta, CNNIndonesia

Kementerian Pendayagunaan Alat Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengadakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) 2023.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan rekrutmen ini juga terbuka untuk umum, tidak hanya melalui jalur resmi sekolah.

Ia menjelaskan rekrutmen CASN meliputi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pemilihan tahun ini juga terbuka untuk umum, tidak hanya dari jalur resmi sekolah saja,” ujar Anas dalam keterangan tertulis, Selasa (31/1).

Menurutnya, selain mempersiapkan rekrutmen CASN 2023, pihaknya juga masih menyelesaikan proses rekrutmen CASN tahun lalu.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, pemerintah fokus untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan. Kemudian juga akan dibuka di bidang hukum seperti hakim, jaksa, dosen, dan tenaga teknis lainnya. Meski demikian, ia juga akan mengutamakan talenta digital.

“Pemerintah juga mengutamakan digital talent sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang saat ini dilakukan dalam rangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis elektronik (SPBE),” jelasnya.

Proses rekrutmen masih dalam tahap pendataan kebutuhan masing-masing instansi. Langkah ini akan menentukan formasi yang dibutuhkan dan kuota yang tersedia.

Setelah usulan kebutuhan masing-masing instansi, langkah selanjutnya adalah menentukan kebutuhan. Pembentukan tersebut ditetapkan dengan memperhatikan pertimbangan Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Badan Layanan Umum Negara (BKN).

“Sekarang semuanya dalam proses persiapan untuk mengajukan formasi dari beberapa instansi pemerintah,” imbuhnya.

Menurutnya, rekrutmen CASN 2023 akan mempertimbangkan beberapa variabel seperti indikator jumlah pensiunan PNS, pemenuhan sumber daya manusia untuk program strategis negara, termasuk letak geografis, dan kemampuan anggaran.

Anas meminta instansi pemerintah mulai melakukan pendataan dan mengusulkan kebutuhan prioritas ASN 2023 segera dipenuhi di instansi masing-masing.

Ia juga menjelaskan rekrutmen tahun ini memiliki empat arah dasar. Pertama, fokus pada layanan dasar. Kedua, kebijakan tersebut memberikan peluang bagi talenta digital. Ketiga, ambil CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen posisi yang akan terkena dampak transformasi digital.

Namun, saat ini pemerintah masih mengkaji posisi mana saja yang bisa terpengaruh oleh perkembangan digital.

“Karena dunia digital berubah dengan cepat, maka pemerintah juga perlu beradaptasi dengan cepat,” tegasnya.

(Gambar: Video CNN)

(cfd/dzu)


Daftar Jualan pulsa Silahkan Daftar Disini : agenpulsa-murah”>CARA DAFTAR